Cara install dan setting PHP di Windows

cara install dan setting php di windows

Cara install dan setting PHP di Windows

Disini ane akan bahas bagaimana cara install dan setting php di windows. Pada artikel sebelumnya ane udah membahas bagaimana melakukan instalasi dan setting apache pada windows. Nah pada artikel ini akan ane bahas bagaimana melakukan instalasi dan setting PHP di Windows. Kita langsung aja yah, biar cepat, soalnya ada banyak yang harus dilakukan.

Pertama kali yang harus dilakukan adalah download dulu disini. Dalam hal ini, ane menggunakan php-5.5.17-Win32-VC11-x64.zip. Jika ingin menggunakan versi yang lain ga masalah. Tapi kalau bisa menggunakan major version yang sama seperti ane, supaya ga terlalu banyak perbedaan. Perbedaan minor version seperti 5.5.1 sampai dengan 5.5.99 ga masalah.

Jika sudah, silahkan extract file. kemudian copy file php.ini-development yang terdapat pada folder yang telah ente download menjadi php.ini. Buka dan ubah file tersebut menjadi seperti langkah – lankah berikut ini.

  • Ubah tulisan Off menjadi On pada short_open_tag = Off.
  • Cari ubahlah

    Jangan lupa untuk menyesuaikan lokasi folder dengan yang ada pada pc / laptop ente.
  • Aktifkan dengan menghapus tanda titik koma “;” pada:
  • Kemudian ubah  ;date.timezone =  menjadi  date.timezone = "Asia/Jakarta" . Jangan lupa untuk menyesuaikannya jika ente tidak berada di Jakarta. Dokumentasi time zone bisa dilihat disini.

Selanjutnya adalah mendaftarkan folder binary pada environment variable windows. Langkah ini sangat dibutuh pada cara install dan setting PHP di Windows. Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengklik tombol start windows, lalu pilih control panel dilanjutkan dengan memilih system. Kemudian ikutin gambar dibawah ini:

Control Panel - SystemAdvanced system settingsEnvironment VariablesSystem variable - path

Nah pada gambar terakhir, tambahkan lokasi folder yang ente download, misalkan berada pada “c:\php\;”, jangan lupa pemisah antara path yang satu dengan yang lain adalah “;”. Jika sudah selesai, secara otomatis windows akan meminta ente untuk restart, turuti permintaan tersebut. Jika sudah restart, buatlah sebuah file bernama index.php pada root folder ente, misalnya berada pada c:\apache\htdocs\index.php, jika terdapat file index.html maka hapus dulu file tersebut. Kemudian isi file tersebut dengan:

Jika instalasi dan setting sudah benar, maka akan tampil sesuatu.

Selesai sudah artikel tentang cara install dan setting PHP di Windows. Jika ada pertanyaan atau saran, silahkan mengisi komentar dibawah ini yah.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *