Instalasi dan setting Apache pada Windows

apache_windowsSepertinya agak terlambat untuk membahas bagaimana cara melakukan instalasi dan setting Apache karena artikel – artikel ane yang sebelumnya malah udah membahas tentang coding di PHP dan MySQL. Tapi ga masalah, namanya juga informasi, siapa tau ada yang butuh.

Sebelum memulai instalasi dan setting, silahkan download dulu Apache, dalam hal ini ane menggunakan httpd-2.4.10-win64-VC11.zip. Usahakan dalam memilih file Apache sama dengan versi punya ane, supaya tidak terdapat banyak perbedaan, akan tetapi jika tidak ada yang sama, boleh menggunakan versi lain asalkan major version nya sama, misalnya punya ane 2.4.10 maka ente bisa menggunakan 2.4.1 sampai dengan 2.4.99, itu juga kalau ada ^_^. Dan satu hal lagi, usahakan untuk membuka file menggunakan editor untuk programming seperti Notepad++, Sublime Text, Dreamweaver dan lainnya. Menggunakan Notepad bawaan Windows sangat tidak ane sarankan.

Mari kita mulai. Bukalah file httpd.conf yang berada pada folder /apache/conf/ yang ente download. Kemudian edit beberapa baris isinya seperti dibawah ini:

  • Cari dan sesuaikan dengan path atau lokasi folder apache ente  ServerRoot "c:/Apache24".
  • Cari dan aktifkan (hilangkan remark) pada:
  • Tambahkan perintah berikut ini dibawah deretan load module.
  • Cari dan ubahlah baris berikut ini:
  • Cari dan sesuaikan dengan path atau lokasi folder apache ente  DocumentRoot "c:/Apache24/htdocs"  dan  <Directory "c:/Apache24/htdocs"> .
  • Cari dan ubahlah baris berikut ini (tidak jauh dari point sebelumnya):
  • Selanjutnya tak jauh dari point diatas, ubah  Require all granted  menjadi #Require all granted .
  • Cari dan ubahlah baris berikut ini:
  • Cari dan ubahlah baris berikut ini:
  • Cari dan ubahlah baris berikut ini:
  • Cari dan aktifkan (hilangkan remark) pada  #Include conf/extra/httpd-vhosts.conf
  • Terakhir, tambahkan perintah berikut ini dipaling bawah file:

Nah… Tinggal satu file lagi yang harus diatur, yaitu file httpd-vhosts.conf yang berada pada folder /apache/conf/extra/. Fungsi file ini supaya kita bisa mengarahkan url ke folder yang kita inginkan untuk menjadi root website. Langsung aja deh yah, hapus atau remark saja isi file tersebut dan ganti dengan script berikut ini.

Jangan lupa untuk menyesuaikan path dengan kondisi pada laptop / pc ente. Sedikit lagi kita selesai… sekarang kita harus mendaftarkan folder apache yang berisi file – file binary agar dapat diakses oleh sistem / aplikasi dari mana saja. Caranya adalah klik tombol start windows, kemudian pilih control panel dilanjutkan dengan memilih system. Kemudian ikutin gambar – gambar dibawah ini:Control Panel - SystemAdvanced system settingsEnvironment VariablesSystem variable - path

Nah pada gambar terakhir, tambahkan lokasi folder bin apache-nya, misalkan apache berada pada drive c, maka tambahkan “c:\apache\bin;”, jangan lupa pemisah antara path yang satu dengan yang lain adalah “;”, pastikan ente menambahkan “;” sebelum menambahkan path / lokasi folder apache/bin. Jika sudah selesai, secara otomatis windows akan meminta ente untuk restart, TAPI jangan lakukan dulu, karena masih ada yang harus kita lakukan, yaitu mendaftarkan apache ke service.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka command line ente, shortcut nya tombol “windows+r”, kemudian ketik cmd dan tekan enter.
  2. Jalankan perintah c:/apache/bin/httpd.exe -k install , jangan lupa untuk menyesuaikan lokasi folder apache nya.

Okey, selesai!! Sekarang restart windows, kemudian buka browser dan masukkan url “http://localhost”, tadaaaa… jika berhasil maka akan keluar tampilan sebagai berikut:localhost

 

Selesai deh… jangan lupa isi komentar pada artikel ini jika ingin bertanya atau sekedar memberikan saran. Ditunggu yah ^_^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *